Harga Bersahabat, Fasilitaspun juga harus Bersahabat

Kendaraan “Angkutan Umum” tidak asing bagi masyarakat di Indonesia, terlebih lagi untuk para pekerja, pelajar, ibu-ibu rumah tangga, dll, hampir penikmatnya dari semua kalangan karena hargannya sangat bersahabat. Sangking banyak peminatnya, banyak armada dari angkutan umum yang tidak sempat diurus oleh pemerintah. Jika ingin menikmati angkutan yang nyaman-pun jarang sekali ada di Indonesia.
Harga yang ditawarkan oleh penumpang ketika menaiki angkutan umum ini sangatlah ekonomis, tetapi tidak ditunjang dengan fasilitas yang “bersahabat” pula. Kualitas sopir dalam berkendara patut diuji. Banyak kasus angkutan umum yang ugal-ugalan karena alasan klasik yaitu kejar setoran, justru dengan aksi “kejar setoran” ini mereka mengindahkan keselamatan penumpang. Selain itu, kelayakan jalan dari angkutan tersebut sering diabaikan. Dari segi kualitas mesinnya terutama. Kondisi mesin tua yang salah satunnya bisa yang mengeluarkan asap hitam dari knalpotnya itu bisa menjadi polusi udara. Kejadian tersebut menggambarkan kinerja pemerintah yang tidak serius akan nasib angkutan umum ini.
Masyarakat Indonesia pun akan pilah-pilih antara memakai angkutan umum atau angkutan pribadi. Jika melihat kenyataan di Indonesia bagaimana kondisi angkutan umum yang sebenarnya, mereka akan memikir dua kali untuk memakai angkutan umum. Karena di benak mereka, ketika hendak memutuskan memilih untuk memakai angkutan umum, walaupun hargannya ekonomis, tetapi tidak didukung dengan fasilitas “nyaman” percuma saja, mending memakai angkutan pribadi.
Tetapi, jika angkutan umum yang ada di Indonesia diremajakan, dari segi mesin dan sopir, minimal akan membuat penumpang nyaman dan puas walaupun dengan harga yang ekonomis. Dilain sisi, berkurangnya masyarakat memakai kendaraan pribadi beralih ke angkutan umum diharapkan akan mengurangi kemacetan di jalan raya. Saran untuk angkutan umum di Indonesia, agar pemerintah bisa memeriksa mesin secara berkala, selain itu sopir yang sudah diuji diharapkan diberi pembekalan berkendara. Fasilitas yang ada di dalam angkutan umum juga penting, seperti tempat duduk dan susana yang nyaman, musik audio, dll. Oleh karena itu, diharapkan banyak (calon) penumpang akan mulai melirik angkutan umum, karena melihat hargannya yang ekonomis dan beberapa fasilitas yang disuguhkan. Jadi, dengan harga yang bersahabat itulah penumpang bisa nyaman dengan fasilitas yang diberikan pihak angkutan umum dan juga dapat mengurangi angka kemacetan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s